Jumat, 15 Januari 2010

SEJARAH TEKNOLOGI TELEVISI

Adalah Phillo T Farnsworth, seorang penemu asal Amerika, dan Vladmir K Zworykin yang menjadi orang pertama yang melakukan penemuan bidang sistem televisi. Zworykin, seorang teknisi Amerika kelahiran Rusia menjadi orang yang kali pertama melakukan demonstrasi kamera televisi elektronik pada tahun 1923 yang disebutnya iconoscope. Kemudian tahun 1927, disusul oleh Farnsworth, dengan menggunakan kamera elektronik yang disebutnya image dissector ia melakukan transmisi gambar secara elektronik. Farnsfowth menciptakan tabung Cathode ray tube (CRT) yaitu tabung elektrik yang dapat mengonversi sinyal elektronik pada permukaan layar. Berbeda dengan CRT biasa, CRT milik Farnsworth ini tidak menimbulkan panas. CRT ini disebut juga cold CRT.
Ia mematenkan penemuannya tersebut dan melanjutkan penelitian mengenai perkembangan sistem cold CRT tersebut pada hingga tahun 1930 an. Namun, ia menglami kesulitan finansial kala Perang Dunia II (1939 – 1945) berkobar.

Selain para penemu Amerika, dikenal juga John Logie Bard, seorang penemu dari Skotlandia. Berdasarkan penemuan Guglielmo Marconi peneliti Italia, Henrich Hertz, dan Paul Nipkow, peneliti asal Jerman ia menemukan sebuah sistem transmisi gambar dan suara berbasis Photoelectric cell yang dinamakanya Baird Televisor.
Tahun 1926 ia melakukan demonstrasi sistem transmisi gambar jarak jauhnya tersebut kepada para investor. Tahun berikutnya ia melakukan demonstrasi dengan menggunakan kabel telepon antara London, Inggris dan Gaslow. Ia mulai melakukan penjualan terhadap sistem televisor-nya, hingga pada tahun 1929 ia sudah menyelesaikan sinkronisasi tramisi audio dan visual-nya. Menjelang akhir tahun 1929 inilah British Broadcasting Corporations (BBC) melakukan siaran berita dan variety show pertama. BBC menjadi stasiun televisi pertama yang menggunakan televisi secara komersial. Sedangkan Baird adalah orang pertama yang menemukan sistem transmisi gambar elektronik jarak jauh yang dijual secara komersial

1 komentar:

  1. Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas ni hehe tengkyu bacaanya :)

    BalasHapus

Kritik dan Saran senantiasa kami nantikan demi sempurnanya kinerja bengkelkomunikasi ke depan. Terimakasih.